Cari Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Kerjasama RI-Rusia bidang Kedirgantaraan



Hai Sobat – Kali ini saya akan posting tentang kerjasama Indonesia dengan Rusia di bidang Dirgantara. Musibah Sukoi SuperJet 100 di Gunung Salak Bogor tidak menghalangi kerjasama RI-Rusia dalam bidang kedirgantaraan. Sebuah rencna kerjasama yang mencakup alih teknologinya dari Rusia ke industri penerbangan Indonesia sedang disusun. Demikian intisari pertemuan Dubes RI untuk Rusia dan Belarusia, Djauhari Oratmangun, dengan Presindent of JSC United Aircraft Corporation Mikhail Pogosyan di Moskow waktu setempat. JSC United Aircraft Corporation merupakan holding company yang membawahi industri Sukhoi tempur dan komersial.

Pertemuan dalam format makan siang bersama dengan menu khas Rusia ini, intinya adalah saling mengenal sambil mengnali hal-hal yang dapat dikerjasamakan di masa depan. Kedua pihak hanya sedikit menyinggung “Tragedi Sukhoi” dalam perspektif di balik kejadian tersebut harus mampu dimunculkan hal-hal positif di masa datang. “Ada masnya kita melihat ke depan,” Kata Dubes Djauhari.
Di dalam hal ini, Sukhoi berpendapat bahwa kerjasam kedirgantaraan yang mencakup transfer of technology merupakan sesuatu yang sangat dimungkinkan. ”Sukhoi dapat berkolaborasi dengan industri penerbangan di Indonesia untuk memproduksi suku cadang, baik Sukhoi tempur maupun komersial,” ujar Mikhail Pogosyan.
Sukhoi juga sangat terbuka untuk mendidik anak-anak Indonesia untuk studi bidang penerbangan. Rusia memiliki 2 universitas terbaik di bidang ini, yakni di kota Moskow dan Kazan. Sukhoi dalam hal ini bisa saja memberikan beasiswa. Selain itu, Mikhail juga menyatakan ingin memberikan kuliah kedirgantaraan di Universitas di Indonesia dalam sebuah kunjungannya di Indonesia kelak. Maklum, selain sebagai presiden direktur, Mikhail juga merupakan seorang penerbang dan sangat mengerti tentang industri penerbangan.

Pertemuan yang diselingi canda tersebut juga sempat membahas aneka makanan khas Rusia seperti Kaviar dan Vodka. Kedua belah pihak sepakat untuk membangun sebuah komunikasi yang intensif dalam rangka kerjasama yang menuntungkan di masa depan.

sumber :http://www.pesawatterbang.net/792/kerjasama-ri-rusia-dalam-bidang-kedirgantaraan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar