Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Oktober 2012

!0 Teknologi Tempur Terhebat Rusia



Publik Nasional sedang digemparkan berita terjatuhnya pesawat Sukhoi asal Rusia. Bagaimana pesawat canggih tersebut jatuh, belakangan terkuak karena masalah pilotnya. Sukhoi merupakan pesawat super canggih dari negeri tirai besi tersebut yang aslinya didesign uuntuk pesawat tempur. Memang Rusia rajanya teknologi tempur. Kelengkapan senjata tempur yang dimiliki suatu bangsa menjadi disegani negara kawan maupun lawan baik kawasan regional maupun internasional. Berikut 10 Teknologi Tempur Rusia Terhebat Saat Ini :

1. Rudal Balistik RS-24 Yars

RS-24 Yars, sebuah rudal balistik thermonuclear antar benua. Pertama diuji cobakan pada tanggal 29 Mei 2007 untuk menggantikan versi lamanya yaitu RS-36 dan UR-100N yang telah beroperasi hampir selama 50 tahun terakhir.
Rudal RS-24 adalah versi yang paling berat bila dibandingkan dengan yang dipakai sekarang ini seperti Topol-M dimana bisa mebawa hulu ledak dengan 10 sasaran tembak berbeda.


2. Sukhoi PAK FA
Pesawat tempur  Sukhoi PAK FA dilengkapi dengan sebuah  twin-engine, Jet tempur diproduksi oleh  Sukhoi OKB khusus untuk angkatan udara  Russian.  Sukhoi T-50 adalah merupakan prototype dari  PAK FA yang merupakan jet tempur generasi ke lima, jet tempur T-50 terbang pertama kali pada tanggal 29 Januari 2010.PAK FA memiliki kapasitas angkut maksimum untuk beban senjata yang dibawa sebesar 7500 kg.Yang tentunya memiliki kapabilitas membawa sebuah meriam atau Canon. Pesawat ini bahkan memungkinkan membawa 2 meriam 30 mm sekaligus. Pesawat ini memiliki tekukan ideal sekitar 4.6 sampai 4.7 meter kali 1 sampai 1.1 meter.


3. Rudal S-500
S-500 merupakan generasi baru dari sistim rudal  surface-to-air, yang didesain khusus untuk menghadang rudal balistik antar benua dan untuk sistim pertahanan udara peringatan dini. Disampint itu juga untuk sistem pengendalian,peringatan udara dan pencegatan pesawat musuh.S-500 memiliki daya jelajah sekitar 600 km serta kapabilitas deteksi dan pencegatan hingga 10 rudal balistik berkecepatan supersonic dengan target masih berada di udara yang rata-rata berkecepatan 7 km /detik dan memiliki   flight ceiling hingga 40 km.


4. Kapal Selam Yasen

Kapal selam kelas Yasen adalah kapal selam bertenaga nuclear dengan kapabilitas melakukan serangan serbaguna untuk sebuah kapal selam tempur. Dipersenjatai dengan rudal penjelajah, dengan beberapa type juga temasuk tabung ukuran 8x650mm dan 2x533mm sebagai ranjau dan rudal anti kapal. Dilengkapi dengan sonar lengkung , didesain khusus sebagai Irytysh-Amfora. Yasen menjadi kapal selam Russia pertama SSNs/SSGNs yang dilengkapi reaktor Nuclear generasi keempat.


5. Tank T-90AM
Tank T-90AM merupakan versi moderen dari tank type  T-90. Dilengkapi dengan senapan mesin yang telah dimoderenisasi dengan tenaga yang lebih kuat , transmisi baru , amunisi dengan bagian yang terpisah , sistim keamanan baru dan pemandangan lebih panoramik.





6. Rudal 9K720 Iskander
Rudal 9K720 Iskander merupakan mobile ballistic missile system. Rudal balistik  Iskander dibuat jauh lebih unggul dari pendahulunya, yang bernama Oka.Iskander dengan M system dilengkapi dengan dua propellant . Dikendalikan sepanjang jalur penerbangan dan dilengkapi hululedak yang tidak terpisahkan. Setiap rudal dibawa oleh sebuah kendaraan pembawa dan dapat diluncurkan setiap saat dengan sasaran sangat bebas dalam hitungan detik. Mobilitas peluncuran rudal Iskander ini dalam platform mereka sangat sulit dicegah apalagi dihentikan. Target dapat ditentukan bukan hanya melalui sebuah satelit dan pesawat pengintai akan tetapi bisa juga melalui pusat kendali inteligent konvensional. Bahkan melalui seorang prajurit yang sedang mengarahkan sebuah tembakan artileri. Target juga dapat dilihat dari sebuah photo udara yang ditampilkan pada sebuah layar komputer . Rudal-rudal tersebut dapat diubah sasaran tembaknya selama penerbangan pada saat membidik  sebuah sasaran bergerak.


7. Helikopter Ka-52 ‘Alligator’

Helikopter Ka-52 ‘Alligator’ adalah bentuk modifikasi lain dari bentuk dasar dari desain Ka-50 standard. Dilengkapi dengan tempat duduk bersebelahan pada ruang kokpit , dan didesain untuk mendeteksi target dan mendistribusikan perintah pada beberapa perangkat pendukung yang terdapat pada Ka-50s dan Mi-28s.Dilengkapai dengan radar dengan dua antena, yang terpasang pada tiang untuk mendeteksi sasaran yang ada di udara dan yang terpasang pada  hidung untuk sasaran yang ada di daratan. Juga mempunyai ‘Samshite ‘day-and-night TV/thermal sighting system (sistim pengelihatan siang dan malam). Sistem ini terdapat pada dua menara berbentuk bola(satu terdapat diatas kokpit dan satunya lagi dibawah hidung). Helikopter Ka-52 ini dilengkapi meriam yang dipasang pada sisi kiri dan kanan dan sayap yang terdapat 6 mounting(cantelan) untuk kelengkapan tambahan yang merupakan bentuk standar dari Ka-50.


8. Senapan ORSIS-5000

Senapan runduk ORSIS-5000 selalu memungkinkan untuk membidik sasaran kapanpun, baik siang maupun malam, tanpa persiapan teknik apapun atau tambahan untuk menembak sasaran dengan jarak hingga 1,5 km .Senapan ini diproduksi dengan dua jenis kaliber antara lain : 3078 Winchester untuk jarak dekat dan menengah serta 338 Lapua Magnum untuk jarak menengah dan jauh. Senapan ini merupakan senapan terbaik yang pernah ada. Pada bagian utama (pada barel dan baut atau pada chamber) semuanya terbuat dari baja stainless kelas tinggi. Senapan mempunyai tingkat akurasi yang sangat tinggi dari jarak yang sangat jauh dan hampir tidak memungkinkan untuk dilakukan pada produk sekelasnya buatan pabrikan lain.


9. Kapal perusak  Soobrazitelnyy

Soobrazitelnyy adalah kapal kedua dari kelas terakhir generasi corvettesis bagian angkatan laut Russia. Kapal ini digunakan mulai tahun 2003.Diluncurkan pada akhir Maret 2010 dan diharapkan bergabung dengan armada Baltik pada awal tahun 2011. Kapal ini adalah kelas pertama yang dilengjkapi dengan sistim Redut yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas anti pesawat sehubungan dengan Kashtan CIWS yang sebelumnya digunakan.




10. RPG - 32 Hashim

RPG-32 Hashim adalah rudal portable Russia yang bertujuan sebagai anti tank atau sebagai peluncur granat serbaguna. Berupa tabung peluncur pendek yang dapat digunakan dalam genggaman. Mempunyai kontrol penembakan dengan pengarahan moncong tabung, kemampuan pandang lepas collimating dan kontainer amunisi disposeable . Proses pengisian granat, membidik dan ditembakkan sangat mudah. RPG-32 terbukti dapat digunakan dengan sukses menjangkau berbagai sasaran serta menghancurkan berbagai target di medan perang. Bisa menghancurkan Tank moderen, personel bersenjata dibalik Bunker, berbagai peralatan perang musuh serta berbagai sasaran dimedan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar