Cari Blog Ini

Jumat, 21 Desember 2012

Lord William Thomson Kelvin



Hai Sobat Secreters – Masih setia kan buat ngikutin postingan dari Secret Of World. Kali ini ada lagi nih, pencetus derajat Kelvin dia adalah Lord William Thomson Kelvin ( 1842−1907 ) Beliau adalah seorang ahli fisika Inggris. Ia lahir di Irlandia pada tanggal 26 Juni 1824.
Waktu kecil, Kelvin adalah anak yang luar biasa dan sangat cerdas, sehingga pada umur 10 tahun ia sudah masuk universitas. Kelvin adalah anak yang rajin belajar. Disamping itu, ia juga rajin mengarang. Sebelum umur 20 tahun ia sudah sering mengarang dalam bahasa Inggris dan Perancis.
Pada tahun 1848, Kelvin menemukan skala termometer yang berdasarkan batasan energi kinetic yang dimiliki oleh suatu benda. Menurutnya, suatu benda benar-benar dingin apabila tidak lagi memencarkan panas sedikitpun atau energi kinetic benda sama dengan nol. Suhu ini disebut nol mutlak karena merupakan suhu paling rendah.
Disamping penemuan tersebut, ia juga menemukan hukum termodinamika II, galvanometer cermin, kompas yang bebas dari pengaruh magnet besi kapal, mesin hitung yang dapat mengatur pasang surut air laut di pelabuhan, dan masih banyak lagi hasil penemuannya.
Berdasarkan jasa dan hasil temuannya itulah ia menjadi kaya raya dan termasyur di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar